Welcome to Batam !

Bila Anda tiba, Anda menyesal. Namun, bila Anda Tabah, Anda Menang (Batam).

Batam adalah wahana budaya dan ekonomi ternama di Indonesia belahan barat. Sebagai salah satu kota yang berbatasan dengan dunia internasional, Batam merupakan pintu gerbang wisatawan asing, begitu juga dengan lalu lintas barang dan investasi asing. Karena potensinya yang besar, pemerintah pusat pun menganugerahkan status kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas yang biasa dikenal sebagai Free Trade Zone (FTZ).

Sebagai salah satu motor ekonomi nasional, Batam pun menjadi tujuan para pencari kerja dari seluruh penjuru Indonesia. Karena percampuran tersebut, akulturasi budaya dan toleransi keberagaman suku dan agama sangat mudah ditemui di kota yang juga mendapat julukan kota seribu ruko ini.

Kota yang juga dapat dikatakan sebagai Indonesia mini ini memiliki beragam suku, mulai dari penduduk Melayu asli Kepulauan Riau yang sudah lama berdiam di Batam. Orang Melayu sangat telaten dalam menjaga kelestarian adat istiadat dan kebudayaannya. Dalam beragam hal, Batam memang memiliki keunggulan, tapi dari sisi sosial, ekonomi dan kebudayaan, tidak ada kota yang sempurna.

Sehingga dalam blog ini, saya yang merupakan jurnalis di Harian Pagi Batam Pos akan coba mengulas pengamatan saya sehari-hari selama berada di lapangan tentang Batam. Jadi harap maklum, kalau bahasanya campur-campur ala jurnalisme.

Terima kasih dan selamat menikmati

Rifki “Leo” Setiawan Lubis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s