Jumlah Penukaran Uang Turun 80 Persen

Hingga 15 Mei, jumlah penukaran uang di tengah-tengah masyarakat sudah mencapai Rp 3,234 miliar. Jumlah uang tersebut telah ditukarkan mulai 24 April kemarin.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kepri, Musni Hardi mengungkapkan bahwa jumlahnya menurun dibanding 2019, dimana tahun lalu dari 6 hingga 29 Mei, total penukaran uang mencapai Rp 23,806 miliar.

Penurunan jumlah penukaran uang murni karena pengaruh dari pandemi Covid-19. Akibat dari penyakit yang disebabkan virus corona tersebut, pemerintah memang menganjurkan warga agar lebih sering berada di rumah.

Ditambah lagi, untuk tahun ini penukaran uang hanya bisa dilakukan melalui loket penukaran di kantor bank, tiap hari kerja pada jam layanan dengan tetap menerapkan protokol Covid-19.

Jumlah Penukaran uang pada lebaran tahun ini turun sebesar 80 persen. F. Batamnews

Musni menjelaskan bahwa khusus untuk Batam, terdapat 87 titik lokasi layanan penukaran uang oleh perbankan. Bank juga diminta agar melengkapi sarana kesehatan, penggunaan masker.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan uang perbankan dan masyarakat pada ramadan dan Idulfitri 1441 H beberapa waktu yang lalu, BI Kepri telah menyediakan uang rupiah layak edar Rp 4,8 triliun, termasuk tiga kas titipan di Tanjungpinang, Karimun, dan Ranai, Natuna.

Kebutuhan uang perbankan pada Ramadan tahun ini diproyeksikan mencapai Rp 2,4 triliun, lebih rendah dari tahun sebelumnya, Rp 2,5 triliun.

BI juga telah mengeluarkan kebijakan untuk mendorong penggunaan transaksi non tunai tersebut pada masa pandemi COVID-19 yaitu melalui pembebasan biaya pemrosesan transaksi menggunakan QRIS, penurunan biaya dan penyesuaian jadwal pelaksanaan kliring, melonggarkan kebijakan kartu kredit, antara lain menurunkan batas atas suku bunga kartu kredit, penurunan batas minimal angsuran kartu kredit dan denda keterlambatan, serta mendorong akselerasi penyaluran dana bansos Pemeritah secara non tunai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s