Bangun Ipal Hingga Desalinasi

Untuk memaksimalkan potensi waduk, Badan Pengusahaan (BP) Batam telah merancang berbagai skenario bagaimana cara menampung dan mengelola air seoptimal mungkin.

“Setelah konsesi pengelolaan air dengan ATB berakhir November nanti, maka kami akan kelola enam dam dengan kapasitas 3.850 liter per detik, ” kata Direktur Fasilitas Lingkungan dan Aset BP Batam, Binsar Tambunan, Senin (1/6/2020).

BP Batam tidak akan mengambil seluruh pos pengelolaan air, mulai dari pengolahan air bersih hingga pendistribusian air ke masyarakat. “Kami akan tetap libatkan swasta, tapi tidak dari hulu ke hilir,” ujarnya.

Selain itu, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Bengkong Sadai yang kabarnya dapat menambah distribusi air sebanyak 230 liter per detik ini akan beroperasi pada Januari 2021 nanti.

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Bengkong Sadai

“Sedangkan di 2022, proyek desalinasi akan dimulai. Jadi ada Ipal dan desalinasi nanti. Keduanya bukanlah hal yang baru, tapi desalinasi ini mahal. Nilainya sekitar Rp 25 hingga Rp 35 ribu per meter kubik kalau diolah air lautnya,” tambah Binsar.

Makanya untuk menghemat biaya, BP Batam tengah mencari lokasi yang tepat, syaratnya yakni tanah berpasir. Di tanah berpasir tersebut, akan dibuat semacam embung untuk menampung air laut. “Kalau dibuat embung, maka kadar salinitasnya bisa turun. Kalau dapat lokasi yang baik, biayanya akan berkurang menjadi Rp 10 ribu. Sangat tepat karena saat ini, air yang kami bayar ke ATB juga senilai Rp 10.500,” tuturnya.

Jika lahannya dapat ditemukan, maka tahun ini akan langsung dikaji. Konsepnya ditentukan lewat kerjasama pemerintah dan badan usaha sehingga pemerintah tidak keluar uang. “Tapi kami jamin investasinya,” imbuhnya.

Situasi seperti saat ini, dimana Batam terancam krisis air bersih memang menuntut solusi yang tepat. “Dam tak cukup lagi. Selisih air sekarang antara kapasitas dam dengan kebutuhan hanya selisih 300 liter per detik saja. Kalau kemarau, malah semakin kurang,” ucapnya.

*Artikel ini telah tayang di Harian Pagi Batam Pos, Selasa, 2 Juni 2020

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s