Covid-19 Sebabkan Harga Emas Naik, Inflasi Juga Ikut Naik

Pandemi Covid-19 menyebabkan harga emas dunia naik signifikan. Kenaikan emas juga menyebabkan inflasi yang cukup mumpuni di Kepri.

Berdasarkan catatan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepri, komoditas utama penyumbang inflasi yakni perhiasan emas dan parfum dengan andil sebesar 0,92 persen (mtm) dan 2,82 persen (mtm). Sementara itu, secara bulanan inflasi Kepri di Mei meningkat sebesar 0,15 persen dari 0,04 persen di April.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepri, Musni Hardi mengatakan peningkatan harga emas perhiasan masih terjadi seiring tren kenaikan harga emas dunia. Namun demikian, inflasi Kepri di Mei tertahan oleh penurunan harga pada kelompok makanan, minuman dan tembakau yang tercatat mengalami deflasi sebesar minus 0,65 persen (mtm).

Pandemi Covid-19 sebabkan harga emas naik. F. katadata.id

Harga emas memang terus menanjak di tengah pandemi Covid-19, karena dianggap merupakan instrumen investasi yang aman ketika terjadi risiko atau gejolak ekonomi. Tiap kejadian yang mengancam kestabilan ekonomi dunia, maka banyak pelaku pasar meninggalkan aset investasi di pasar modal dan uang, beralih ke pasar emas.

Ditambah lagi, karena pergerakan kurs Rupiah terhadap dolar Amerika, banyak masyarakat yang bertransaksi emas baik jual maupun beli, dengan harapan mendapatkan keuntungan.

Selain emas, inflasi juga turut disumbangkan oleh tiket angkutan udara yang mengalami inflasi sebesar 28,41 persen (mtm) dengan andil terhadap inflasi sebesar 0,30 persen.

Hal tersebut terjadi karena penerapan kenaikan sementara tarif batas atas (TBA) angkutan udara selama periode pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Untuk menstabilkan ekonomi dari gejolak inflasi pada Juni ini, Bank Indonesia Perwakilan Kepri akan berfokus pada kelancaran distribusi dan ketersediaan pasokan seiring dengan kondisi Covid-19 yang membatasi aktivitas perdagangan maupun transportasi.

Musni mengungkapkan bahwa untuk memastikan ketersediaan bahan makanan, memastikan tidak ada penimbunan, menjaga kelancaran arus distribusi bahan pangan dan melakukan komunikasi untuk menjaga ekspektasi akan terus dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s