Batam Punya Ratusan Hektar Lahan Siap Tampung Relokasi Industri

Peluang untuk terbukanya lowongan kerja besar-besaran tampaknya potensial terjadi di Batam. Pasalnya relokasi pabrik asal Amerika dan Jepang dari Tiongkok menuju Indonesia, juga mencantumkan Batam sebagai daftar wajib.

Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepri, Ok Simatupang mengatakan peluang Kepri dalam menampung relokasi perusahaan asal Amerika maupun Jepang yang ada di Tiongkok sangat besar.

Ok yang juga Wakil Komite Tetap Pengembangan Kawasan Berikat dan Kawasan Perdagangan Bebas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia ini mengungkapkan bahwa Batam dan Karimun memiliki letak geografis yang paling strategis di jalur perdagangan internasional dan insentif yang menggiurkan.

Kemudian dari sisi kawasan industrinya, dengan ketersediaan infrastruktur industri dan pengeloal kawasan industri sudah sangat teruji.

Kawasan Industri Batamindo

Ia mengatakan saat ini masih tersedia ratusan hektar lahan yang tersebar di tiap-tiap kawasan industri di Batam. Kemudian ada ribuan hektar di Bintan dan Karimun yang juga siap dikembangkan.

Menurut Ok, momentum ini harus dimanfaatkan sebagai sebuah peluang di tengah pandemi Covid-19 yang tengah melanda Batam. “Supaya perusahaan-perusahaan asing itu dapat merancang investasi di Batam, Bintan dan Karimun,” tuturnya.

Sedangkan Manager General Affair Batamindo, Tjaw Hoeing mengatakan dengan adanya rencana dari pemerintah untuk menggaet investor asal negeri Paman Sam dan negeri Sakura tersebut, maka pelaku industri di Batam menyambut baik.

Tjaw menyambut baik karena peruntukan industri memang ada di Batam, Bintan dan Karimun. Lahannya juga sudah clear and clean. Jadi tidak ada lagi permasalahan terkait lahan, tinggal bagaimana memanfaatkan pembangunan gedung yang tersebar di masing-masing kawasan industri.

Kawasan industri baik di Batam, Bintan maupun Karimun mampu mengakomodir jenis industri apapun. Untuk infrastruktur dasar, infrastruktur industri dan sarana penunjang sudah sangat tersedia di masing-masing kawasan, tinggap tahap pembangunan saja yang memerlukan waktu sekitar enam hingga 10 bulan tergantung kapasitas yang dikehendaki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s