Imbas Pandemi Covid-19, Lelang Pengembangan Hang Nadim Diundur

Lelang pengembangan Bandara Hang Nadim terpaksa ditunda hingga 3 Agustus mendatang. Penundaan tersebut merupakan buntut dari pandemi Covid-19 yang tengah melanda Batam dan dunia.

“Terakhir, kita laksanakan itu di Bulan Maret. Tapi karena pandemi Covid-19 yang menyebabkan perizinan yang diperlukan tidak bisa disiapkan peserta, maka dengan persetujuan Kepala BP Batam, kelanjutannya yang semula dijadwalkan Juni diundur ke 3 Agustus,” kata Asisten Manager Pemasaran Aviasi dan Kargo, Hendrawan Widyanarko di Ruang Rapat Bandara Hang Nadim, Selasa (9/6/2020).

Adapun tahapan yang seharusnya dilaksanakan di Juni yakni tahapan Request for Proposal (RFP) atau BP Batam menerima dokumen penawaran dari para peserta lelang. “Jadi tahapan pengembangan bandara baru berhenti direncana lempar proposal. Kita berharap Agustus nanti, pandemi sudah berangsur pulih dan normal sehingga perizinan yang dibutuhkan oleh peserta untuk penawaran tidak terkendala lagi,” harapnya.

Bandara Hang Nadim sepi pesawat di kala pandemi Covid-19

Rencana pengembangan Hang Nadim ini dimulai sejak 2018. Dalam perjalanannya, empat konsorsium berhasil lolos mengikuti tahapan selanjutnya.

Keempatnya yakni, pertama, konsorsium Angkasapura 2, Adikarya dan Egis. Mereka menyebut dirinya konsorsium Batam. Kedua, konsorsium GMR India, Waskita Karya dan Cardig. Ketiga, konsorsium Angkasapura 1, Incheon Korea Selatan dan Wijaya Karya. Dan keempat, konsorsium Zurich Airport, Nusantara Infrastrutkur dan Pembangunan Perumahan (PP).

Keempatnya diumumkan sebagai peserta lelang yang lulus kualifikasi pada 14 Februari 2020, setelah melewati tahapan Aanwijzing kedua atau tahapan perubahan permintaan dokumen proposal pertama, pada 14 Januari 2020.

“Pada tanggal 9-13 Maret lalu, peserta meninjau atau cek fisik ke bandara dan meninjau juga data-data non-fisik seperti masterplan bandara, data pegawai, data operasional bandara,” ungkapnya.

*Artikel ini telah tayang di Harian Pagi Batam Pos, 10 Juni 2020

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s