Maskapai Kembali Buka Penerbangan

Menjelang pemberlakukan New Normal di Batam, 15 Juni nanti, sejumlah maskapai penerbangan memutuskan membuka kembali jadwal penerbangan.

“Menjelang New Normal, Garuda, Citylink, Sriwijaya, Nam Air dan Lion membuka rute penerbangan,” kata Direktur BUBU Hang Nadim dan TIK BP Batam, Suwarso, Kamis (11/6/2020).

Nam Air sudah beroperasi sejak Selasa (9/6/2020) dengan rute Jakarta, Batam dan Natuna. Sedangkan Garuda juga beroperasi di hari yang sama dengan membuka satu rute menuju Jakarta.

Bandar Udara Internasional Hang Nadim. F. Investor.id

“Sedangkan Citylink sejak Selasa dengan delapan rute penerbangan yakni, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Jakarta, Surabaya dan Cengkareng sebanyak dua kali,” tuturnya.

Kemudian Sriwijaya telah beroperasi sejak Minggu (7/6/2020) dengan rute Jakarta, Batam dan Natuna. “Kalau Lion mulai pada 10 Juni dengna rute Batam, Pekanbaru, Jakarta dan Palembang. Namun pada 9 Juni, sebenarnya sudah terbang dengan rute Singkep,” ungkapnya.

Untuk bisa terbang keluar dari Batam, pemerintah mewajibkan penumpang untuk rapid test atau tes swab (PCR), sesuai dengan Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020. “Untuk hasil tes PCR, berlaku tujuh hari. Sedangkan rapid test selama tiga hari. Bahkan tengah dipertimbangkan pemberlakukan surat izin keluar masuk (SIKM),” ungkapnya.

Suwarso mengungkapkan bahwa pihaknya akan memonitor terus pergerakan arus penumpang di bandara. “Kami hanya memonitor dan siapkan fasilitas untuk petugas KKP dan aparat sesuai dengan arahan tim gugus,” jelasnya.

Pandemi Covid-19 memang menyebabkan jumlah penumpang turun drastis. Suwarso mengatakan jumlah penumpang pada hari-hari normal sebanyak 6000-an penumpang. “Sedangkan saat ini penumpang datang sebanyak 744 dan penumpang berangkat sekitar 785 orang,” pungkasnya.

*Artikel ini telah tayang di Harian Pagi Batam Pos, Jumat, 12 Juni 2020

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s