Pengembangan Pelabuhan Batuampar Tertunda Karena Covid-19

Pengembangan pelabuhan bongkar muat, Batuampar akan dijadwal kembali karena terdampak dari pandemi Covid-19.

“Seharusnya, Maret kemarin sudah mulai. Tapi karena datangnya pandemi Covid-19, jadi tertunda. Sebabnya karena orang-orang dari Pelindo II tidak berani masuk ke Batam,” kata Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Badan Pengusahaan (BP) Batam, Nelson Idris, di kantornya, Rabu (10/6/2020).

Namun, dalam minggu ini, Direksi Pelindo II akan datang ke Batam. “Tujuannya untuk mengevaluasi hasil kajian pertama,” imbuh Nelson.

Hasil kajian pertama pengembangan pelabuhan Batuampar mengenai dasar kedalaman alur, dianggap tidak akan cukup kuat sebagai fondasi kendaraan berat berjalan.

Pelabuhan Batuampar, Batam

“Kajian pertama tidak cocok, maka dievaluasi lagi. Sehingga kedalamannya akan ditambah 16 meter lagi. Dengan itu, posisinya akan lebih kuat untuk menahan rel alat-alat berat,” ucapnya.

Nelson juga menambahkan pengembangan Pelabuhan Batuampar akan menambahkan reception facility dan depo container. “Reception facility ini merupakan tempat penampungan sementara dari limbah-limbah kapal. Misalnya ada oli bekas atau kebocoran yang sementara ditampung di drum kapal. Dan ketika turun di pelabuhan d itampung di reception facility,” ucapnya lagi.

Sedangkan depo container merupakan tempat penampunngan kontainer sementara sebelum berlayar. “Sebab tingginya biaya logistik karena tidak tersedianya area penampungan kontainer kosong yang penuhi standar internasional,” jelasnya.

Sebelumnya, Batam belum memiliki kedua fasilitas tersebut. Sehingga, ia yakin dengan pembangunan dua fasilitas baru tersebut akan menarik minat orang-orang asing agar mempercayai Batam.

*Artikel ini telah tayang di Harian Pagi Batam Pos, Kamis, 11 Juni 2020

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s