Tim BPPT Stand By Laksanakan Hujan Buatan

Tim Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sudah stand by di Batam sejak 12 Juni kemarin. Jika menemukan cuaca dengan langit penghujan yang tepat, maka teknologi modifikasi cuaca (TMC) berupa hujan buatan akan dilakukan.

Koordinator Lapangan (Korlap) TMC BPPT, Budi Harsoyo mengatakan area Batam ini kecil dan sangat flat sekali. Sehingga men jadi sebuah tantangan untuk menjatuhkan hujan secara presisi diatas Batam.

Area Batam yang tidak memiliki pegunungan sama sekali memang mempersulit air hujan untuk bisa ditampung ke dam. “Ditambah lagi dengan posisi dekat laut dan angin kuat, maka ini benar-benar jadi tantangan,” ucapnya.

Ilustrasi Hujan Buatan. F Republika

Idealnya, hujan buatan dilaksanakan di awal musim penghujan dan di akhir musim penghujan. Karena sangat efektif di masa transisi seperti itu, contohnya saat di akhir musim hukan maka akan menambah cadangan air saat musim kemarau.

Juni merupakan saat-saat terakhir masa transisi sehingga dinilai saat yang tepat untuk hujan buatan. Rencana sebenarnya di awal April dan Mei, tapi tertunda karena pandemi Covid-19 yang sebabkan perizinan yang perlu diurus tidak bisa dikerjakan.

Pelaksanaan hujan buatan menimbang pada kondisi cuaca yang terbaik berdasarkan pengamatan cuaca harian, seperti ketersediaan awan hujan dan kesesuaian arah angin.

Dengan demikian, diharapkan dapat terjadi hujan yang lebih lebat pada lokasi tampung waduk untuk menambahkan ketersediaan air baku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s