Bangun Depo Container, Demi Tekan Biaya Logistik

Pengembangan Pelabuhan Batuampar akan memaksimalkan ruang yang ada untuk membangun depo container. Keberadaan depo container diyakini akan mengurangi ongkos logistik secara drastis dari Batam menuju daerah tujuan ekspor.

Rencana pembangunan depo container akan menggunakan dua lahan milik Badan Pengusahaan (BP) Batam seluas 10 hektar dan 3,99 hektar. Depo container atau area penampungan kontainer sementara mutlak diperlukan untuk menekan biaya logistik Batam menuju daerah tujuan eskpor yang dikenal mahal.

“Penyebab tingginya biaya logistik karena tidak tersedianya area kontainer kosong yang penuhi standar internasional,” kata Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, Nelson Idris, Rabu (17/6/2020).

Aktivitas bongkar muat barang antara Batam dengan Singapura sebenarnya sangat ramai. Tapi banyak perusahaan asal Singapura yang enggan menitipkan kontainernya di Batam.

Depo Container Pelabuhan Batuampar

Disamping itu, pengusaha di Batam harus mengeluarkan ongkos ekstra untuk menitipkan kontainernya di Singapura karena hal tersebut. Ditambah lagi fasilitas pelabuhan Batuampar yang belum bisa dirapati kapal-kapal besar, membuat kontainer atau barang-barang lainnya harus dimuat dalam kapal-kapal kecil agar bisa dibawa ke Singapura. Dan di Singapura akan dimuat dalam kapal-kapal besar untuk bisa diantar ke negara tujuan ekspor.

Ia juga menyebut tata cara peletakan kontainer di Batam juga tidak benar. Kontainer sebenarnya tidak boleh langsung diletakkan di tanah karena bisa menyebabkan salah satu bagian kontainer mengalami penyok.

“Kontainer jangan sampai penyok. Karena kalau ada potensi bocor, maka kerusakan akan makin parah. Inilah yang menyebabkan orang Singapura tak mau meletakkan kontainernya disini karena cara penempatannya yang salah,” ungkapnya.

Area depo container dapat dimanfaatkan sebagai area depo petikemas, stuffing/stripping, pembersihan dan perbaikan kontainer. “Pembangunan depo container juga akan dilakukan investasi terhadap persiapan operasi lahan,” tutupnya.

*Artikel ini telah tayang di Harian Pagi Batam Pos, Kamis, 18 Juni 2020

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s