Muka Air Waduk Duriangkang Naik 3,5 Meter

Meski menimbulkan banyak dampak negatif pada Batam, hujan dua hari berturut-turut yang terjadi pada Jumat (1/1/2021) hingga Sabtu (2/1/2021) ternyata membawa dampak positif pada ketersediaan air di Batam.

“Alhamdulillah, ada kenaikan cukup signifikan di waduk utama Batam, yakni Waduk Duriangkang,” kata Manajer Bendungan dan Air Baku BP Batam, Hadjad Widagdo, Senin (4/1/2021).

Berdasarkan data terakhir dari BP Batam, level permukaan air waduk yang mensuplai 70 persen kebutuhan air untuk Batam tersebut, berada di level minus 50 sentimeter dari spillway atau lubang air.

Waduk Duriangkang

“Dengan kenaikan ini, maka sudah ada kenaikan 3,5 meter dari sebelum-sebelumnya. Ketersediaan air di waduk itu cukup untuk memenuhi kebutuhan 2021,” tuturnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Batam menyebut penyebab hujan yang tidak berhenti selama dua hari tersebut, karena adanya pola siklonik dan daerah konvergensi atau pertemuan massa udara di wilayah utara Kepri.

Hujan siklon tropis ini sangat jarang terjadi, karena siklon tropis sendiri tidak pernah melewati wilayah Indonesia di sekitar garis khatulistiwa. Namun, Indonesia mendapat pengaruh tidak langsung dari siklon tropis yang terbentuk di sekitar Pasifik Barat Laut Samudra Hindia Tenggara dan di sekitar Australia.

“Setelah ini, maka hujannya akan kembali ke yang normal,” imbuh Hadjad.

Sementara itu, BP Batam juga melaksanakan proyek di sekitar Waduk Sei Ladi, tepatnya di Simpang UIB. “Proyek itu untuk memperbaiki daerah hilir bendungan Sei Ladi, sehingga daerah tergenang dapat berkurang untuk stabilisasi struktur kaki bendungan,” ungkapnya.

*Artikel ini telah tayang di batampos.id, Senin, 4 Januari 2021

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s