Taxiway Bandara Hang Nadim Rampung

Taxiway Bandara Hang Nadim yang sempat ambruk pada 2017 lalu, telah selesai diperbaiki akhir Desember lalu. Selain taxiway, pembangunan apron 04 juga telah dirampungkan.

Kepala Pusat Perencanaan Program Strategis Badan Pengusahaan (BP) Batam, Fesly Paranoan mengatakan proyek ini telah berlangsung lebih kurang lima bulan lamanya, atau 158 hari kalender.

Proyek tersebut memiliki nilai kontrak Rp 166,5 miliar dari dana APBN tahun anggaran 2020.

Taxiway Bandara Hang Nadim. Foto : Dokumentasi BP Batam

Pembangunan taxiway dan apron 04 ini dilakukan oleh BUMN jasa konstruksi Nindia Karya, serta jasa konsultan teknik dan manajemen, Yodya Karya. Fasilitas ini untuk mendukung pengembangan bandara menjadi hub logistik Indonesia bagian barat.

BP Batam juga melengkapi taxiway dan apron 04 dengan pembangunan drainase, jalan akses, jaringan listrik, rerumputan dan pagar di sekeliling lokasi.

Fesly menuturkan bahwa lelang proyek ini sudah dilakukan sejak Juli 2020. Apron 04 nanti akan digunakan untuk mendukung kegiatan kargo bagi armada udara logistik di Hang Nadim. Apron 04 juga bisa menampung lima pesawat kargo tipe Boeing 777.

Secara keseluruhan, luas lahan pembangunan mencapai 150 x 500 meter. Namun, mengalami perubahan setelah adanya hasil asistensi bersama Dinas Pekerjaan Umum dan diperlebar menjadi 168 x 500 meter, guna mengakomodir pergerakan pesawat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s