Inaportnet Percepat Terbit Izin Kapal Berlayar

Badan Pengusahaan (BP) Batam sudah mulai menerapkan Inaportnet di pelabuhan yang dikelolanya.

Inaportnet adalah aplikasi unutk pelaporan clearance in dan clearance out kapal-kapal yang masuk pelabuhan, sampai penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB).

Direktur Badan Usaha Pelabuhan (BUP) BP Batam, Nelson Idris mengatakan bahwa Inaportnet ini domainnya Kementerian Perhubungan. Dalam prosesnya, disinkronkan dengan sistem BP Batam.

Pelabuhan Batuampar. Foto : Dokumentasi BP Batam

Inaportnet disinkronkan dengan aplikasi Sea Port Management (SMS) milik BP Batam. Aplikasi tersebut juga sudah satu kesatuan dengan Finance Billing Management System (FBMS) milik BP Batam.

Penerapan digitalisasi memang diupayakan di pelabuhan, untuk menghindari kebocoran pendapatan negara bukan pajak (PNBP) yang sering terjadi disana.

Di sisi lain, untuk memudahkan para pengguna jasa pelabuhan dalam memperoleh SPB secepat mungkin, tanpa mengantri. Meminilimasir pertemuan antara si pengguna jasa dan pegawai pelabuhan, sehingga potensi pungli bisa dikurangi.

Inaportnet wajib digunakan kapal-kapal antar pulau yang beroperasi dibawah enam jam.

Pemberlakuan, Inaportnet ini 24 jam untuk memberikan dan meningkatkan pelayanan kapal dan barang menjadi semakin cepat, mudah, lancar, transparan dan akurat yang bisa diakses dimana saja.

Mulai dari pelayanan permohonan kedatangan kapal-kapal masuk, pemanduan, kegiatan bongkar muat hingga kapal keluar meninggalkan pelabuhan dilakukan secara online.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s