Jumlah Dana Tersimpan di Perbankan Batam Capai Rp 47 Triliun

Jumlah bank umum di Batam tahun 2019 mencapai 41, dengan jumlah kantor mencapai 206 kantor. Sedangkan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) mencapai 29, dengan jumlah kantor sebanyak 52.

Sementara itu, dana simpanan dan valuta asing yang terkumpul di 41 bank di Batam mencapai Rp 47.167,903 miliar (Rp 47 triliun) di 2019. Jumlah tersebut meningkat dari 2018 yang berjumlah Rp 42.209,67 miliar (Rp 42 triliun).

Data tersebut diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Batam. Sementara itu, dana yang terkumpul dari masyarakat dalam bentuk simpanan, giro, ataupun deposito terus menunjukkan peningkatan.

Ilustrasi Perbankan. Foto : moneycrashers.com

Selanjutnya, dana simpanan Rupiah dan valuta asing menurut golongan pemilik paling terbanyak dimiliki perorangan. Jumlah dananya mencapai Rp 25.832,351 miliar (Rp 25 triliun). Kemudian, lembaga swasta bukan keuangan sebanyak Rp 12.393,254 miliar (Rp 12 triliun). Sedangkan pemerintah daerah hanya memiliki simpanan di bank sebanyak Rp 60,196 miliar.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kepri, Musni Hardi menyebut perbankan memegang peranan penting dalam pemulihan ekonomi saat pandemi melanda Batam. Tapi dengan syarat, pemerintah daerah mau bekerja sama.

“Kami mendukung keberlanjutan kebijakan restrukturisasi kredit oleh perbankan bagi pelaku usaha yang terdampak oleh pandemi, sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga pelaku usaha memiliki keleluasaan dalam mengatur kondisi keuangan,” tuturnya.

Kemudian, meningkatkan sinergi dan komunikasi antara dunia usaha dan lembaga keuangan guna mengurangi asymmetric information, agar kondisi
likuiditas perbankan yang longgar dapat digunakan untuk mendorong penyaluran kredit di tengah relaksasi kebijakan moneter dan makroprudensial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s