Nikmati Waktu Santai Di Taman Rusa Sekupang

Fasilitas joging track di Taman Rusa, Sekupang selama ini menjadi favorit masyarakat Batam untuk berolahraga. Badan Pengusahaan (BP) Batam akan menambahkan fasilitas baru untuk semakin menambah kenyamanan pengunjung.

General Manager Hunian, Gedung, Agribisnis dan Taman BP Batam, Herawan mengatakan dahulu, joging track ini adalah fasilitas joging karyawan BP Batam. Tapi sejak jadi Badan Layanan Umum (BLU), dibuka untuk umum.

BP Batam terus menambah fasilitas untuk tempat bermain anak-anak. Selanjutnya, kolam ikan akan diperluas tiga kali lipat. Di tengahnya dikasih jembatan agar pengunjung bisa kasih makan ikan.

Seorang petugas tengah memberi makan rusa di Taman Rusa Sekupang

Taman Rusa Sekupang juga masuk dalam rencana pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) kesehatan. Sehingga taman yang satu ini akan menyatu dengan taman kolam yang berlokasi di dekat pelabuhan hingga guest house. Rencananya mau dibuatkan track sehingga menyatu.

Kondisi Taman Rusa sebenarnya saat ini cukup ideal sebagai joging track. Di dalamnya ada tiga gazebo, rumah pohon dan kursi-kursi yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai. “Potensinya memenuhi sebagai lokasi wisata. Dalam menghadapi new normal juga telah dilengkapi dengan tempat cuci tangan, cek suhu berkala dan lainnya,” paparnya.

Pohon Tabebuya juga ditanam di sepanjang jogging track. Tanaman yang memiliki bunga berwarna cerah ini akan menghiasi tempat penangkaran rusa tersebut.

Ada enam pohon di tanam di bagian depan dan sisanya di bagian belakang. Penanaman pohon ini bertujuan untuk memperindah taman rusa sehingga diharapkan banyak orang berkunjung kesini.

Pohon Tabebuya adalah jenis tanaman yang berasal dari Brazil dan termasuk jenis pohon besar. Bunganya sangat mirip dengan bunga dari Pohon Sakura asal Jepang.

Pohon Tebebuya memiliki kelebihan di antaranya daunnya tidak mudah rontok. Saat musim berbunga, maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras.

Selain itu, warnanya juga beragam yakni putih, pink muda, kuning, kuning ke-orange-an, magenta, pink tua, dan ada juga yang merah.

Bibit Tabebuya dibeli dari Surabaya saat sudah tumbuh setinggi dua meter. Di Taman Rusa, pohon-pohon ini ditanam dengan jarak kerapatan sekitar empat meter.

Disamping Pohon Tabebuya, BP Batam juga membangun dua gazebo serta menempatkan lampu taman LED 24 watt sebanyak 8 unit. Disamping itu, ada juga rumah pohon disana.

Taman Rusa merupakan tempat penangkaran Rusa Totol yang memiliki nama latin Axis Axis dan didatangkan dari Kebun Raya Bogor. Saat ini jumlahnya ada 40 ekor yang dijaga oleh sekitar lima petugas disana.

Rusa ini berasal dari India dan memiliki ciri khas memiliki bintik-bintik putih di tubuhnya. Perilakunya sangat jinak dan gampang mendekat saat diberi makan oleh manusia. Rusa ini sangat pemalu dan hanya bisa melahirkan satu anak Rusa dalam setahun. Pengunjung bisa memberinya makan buah-buahan berupa pepaya yang disukainya.

Tempat penangkaran rusa ini juga dilintasi oleh jogging track yang lumayan panjang dan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk sekadar olahraga pagi. Disamping itu, ada pondok peristirahatan di tengah lokasi. Suasananya cukup nyaman dan tenang.

Taman Rusa Sekupang berlokasi di dekat Gudang Logistik BP Batam di Sekupang. Jika dari Batam Kota, maka taman ini berada tepat di jalan masuk menuju Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam, di sebelah kiri.

Selain itu, sejak Januari 2020, BP Batam sudah mengenakan tarif bagi pengunjung. Tarif dewasa sebesar Rp 5 ribu dan anak-anak sebesar Rp 2.500. Taman ini buka dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s