Walikota Ramal UWTO akan Segera Menghilang

Walikota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi kembali berbicara soal Uang Wajib Tahunan Otorita (UWTO). Dalam pertemuan dengan pengusaha baru-baru ini di Club Golf Sukajadi Batam, ia yakin suatu saat UWTO akan menghilang dari Batam.

“Saya punya satu pikiran, suatu waktu nanti, kapannya tidak tahu, yang namanya Uang Wajib Tahunan (UWT) pasti akan terbebaskan,” kata Rudi.

Menghilangnya UWTO dari Batam diyakini karena desakan dari warga Batam itu sendiri. Karena desakan tersebut, pemerintah pusat akan mengakomodirnya. “UWT yakinlah suatu saat akan hilang, akan dicabut satu waktu,” ungkapnya.

Rudi mengungkapkan, dalam setiap rapat internal BP Batam, ia selalu mengingatkan bahwa suatu saat nanti, warga Batam akan meminta pembebasan UWTO.

“Contohnya saat Pak Jokowi kesini, masyarakat yang hidupnya susah meminta UWT dibebaskan. Lalu turun Menteri ATR/BPN, yang lahan 200 meter kebawah dibebaskan. Itu dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Landmark Batam, Welcome to Batam di Bukit Clara

Ketika UWTO dibebaskan, lantas BP Batam mendapat pemasukan pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dari mana, mengingat PNBP terbesar berasal dari lahan.

“Seluruh lini usaha akan dibangkitkan, baik dari rumah sakit, pelabuhan, bandara dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batam,” ungkapnya.

Wacana penghapusan UWTO, gaungnya sudah lama terdengar, dan pernah menjadi salah satu janji kampanye Rudi saat maju sebagai Walikota Batam, Periode 2016-2021.

Setelah menjabat sebagai Kepala BP Batam di 2019, barulah ia menyadari bahwa PNBP dari UWTO merupakan sumber utama pemasukan BP Batam, yang digunakan untuk menggaji karyawan BP Batam.

Lambat laun, ia mengungkapkan bahwa pembebasan UWTO perlu proses. Sebelum UWTO dihilangkan, maka BP Batam harus meningkatkan sumber PNBP dari sumber lain seperti bandara, pelabuhan, air bersih dan lain-lain.

Untuk saat ini, pembebasan lahan yang bisa ia lakukan hanya terkait kampung tua. “Presiden perintahkan segera diselesaikan supaya dibebaskan semua,” ungkapnya.

*Artikel ini telah tayang di Harian Pagi Batam Pos, 28 Desember 2020

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s