Lewat Jalur Piayu – Punggur, Bayar Rp 2 Ribu

Mulai Februari, Badan Pengusahaan (BP) Batam akan mengenakan pass masuk untuk warga yang melewati jalan di daerah tangkapan air (DTA). Contohnya dari Piayu ke Punggur yang melewati DTA Waduk Duriangkang.

Peraturan mengenai pass masuk tersebut tertuang dalam Peraturan Kepala (Perka) BP Batam Nomor 28/2020 tentang jenis tarif layanan, berupa tarif layanan air baku, tarif layanan air limbah dan tarif layanan DTA.

Sosialisasi telah dilakukan beberapa hari yang lalu. Khusus mengenai pas lintas roda dua atau motor, dikenakan tarif Rp 2 ribu untuk motor non langganan sekali lewat. Sedangkan yang untuk berlangganan dikenakan tarif Rp 95 ribu per bulan.

Jalan Alternatif Piayu – Punggur yang melewati DTA Waduk Duriangkang. Foto : Tribun Batam

Kemudian, untuk pass masuk perorangan dikenakan Rp 7.500 di hari biasa dan Rp 10 ribu di akhir pekan. Untuk anak-anak, dikenakan Rp 3 ribu di hari biasa dan Rp 5 ribu di akhir pekan.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua dikenakan Rp 10 ribu dan Rp 15 ribu untuk roda empat. Tarif lain juga dikenakan untuk wisata petualangan dan juga area komersil, baik terbuka maupun tertutup.

Tiket masuk berwisata bagi pesepeda dikenakan Rp 15 ribu per orang. Wisata motor dikenakan Rp 25 ribu per orang, dan wisata kemah dikenakan Rp 15 ribu per orang. Akan ada juga pemandu wisata yang dibayar Rp 100 ribu per orang.

Dendi mengatakan tujuan dari pengenaan pass masuk ini, untuk membantu perawatan DTA. Dalam rangka upaya menjaga bendungan supaya lebih tertib dan membatasi penggunaan bendungan sebagai lalu lintas kendaraan. Karena jumlah pengguna cukup banyak. Hal seperti ini juga dilaksanakan di bendungan lain di Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s