Halo Goweser, Ada Jalur Pesepeda Baru di Batam

Jalur pesepeda baru akan segera hadir di Batam. Badan Pengusahaan (BP) Batam membangunnya di sisi kiri proyek peningkatan jalan dari Bundaran Madani hingga Ocarina. Kabar terbaru, proyek ini sudah rampung 51 Persen.

“Di jalan ini dilengkapi dengan jalur pesepeda. Letaknya di sebelah kiri kalau dari Batam Centre. Jalur sepedanya lumayan besar. Tahun ini, BP Batam akan melanjutkan pelebaran jalan sampai ke Bengkong Laut, karena itu nanti akan jadi jalan kolektor, supaya tidak macet lagi disana,” kata salah satu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 5127 BP Batam, Boy Zasmita, baru-baru ini.

Selain itu, tujuan pelebaran jalan hingga Bengkong Laut, agar warga punya jalan alternatif yang menghemat waktu dan bahan bakar. Seperti yang diketahui, jalur ini merupakan jalan alternatif utama bagi warga yang hendak bepergian ke Batuampar dari Batam Centre.

Dengan menggunakan jalur ini, maka waktu bisa dipotong hingga 15 menit, daripada menggunakan jalur utama melewati Nagoya yang bisa makan waktu 20 menit lebih.

Sejak akhir tahun lalu, BP Batam memang melakukan pembangunan dan peningkatan sejumlahruas jalan pada tahun ini.

Ilustrasi Pesepeda

Peningkatan jalan dari Bundaran Madani ke arah Bengkong melewati Ocarina. “Nilainya Rp 20-an miliar. Proyeknya juga multiyears. Pembangunan jalannya dari Bundaran Madani sampai ke Ocarina. Mudah-mudahan kami bisa buat trek sepeda pertama di Batam, di jalan itu,” ujarnya.

Untuk diketahui, bagian jalan proyek ini dikerjakan oleh PT Multi Sindo Internasional. Anggarannya mencapai Rp 23.590.632.000 dengan waktu pelaksanaan 180 hari kalender. Adapun sumber dana berasal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negera (APBN) 2020.

Jalur sepeda dibangun sepanjang jalan dengan lebar 2 meter, kemudian jalan utama dibangun 5 lajur, ruang terbuka hijau 1,5 meter, pedestrian 2 meter di masing-masing jalur, serta median jalan 3 meter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s