Semua Tanda Tangan Izin Lahan di Batam Sudah Digital

Badan Pengusahaan (BP) Batam mengimbau warga Batam, agar jangan mempercayai lagi segala modus pengurusan lahan yang masih memerlukan tanda tangan basah. Himbauan Ini untuk mencegah agar jangan ada warga yang tertipu lagi oleh oknum pemalsu dokumen lahan, khususnya dokumen kaveling.

Deputi III BP Batam, Sudirman Saad mengatakan saat ini tidak ada lagi antrian dalam pengurusan dokumen lahan. Semuanya sudah elektronik. Sehingga ia menegaskan jika ada yang menawarkan pengurusan secara manual, jangan direspon lagi.

Oknum-oknum pemalsu dokumen lahan, dalam rekayasanya selalu mencatut nama Deputi III BP Batam yang membidangi perizinan lahan. Tanda tangan yang dipalsukan itu tanda tangan Deputi Tiga BP Batam, tapi bahkan nama yang tertera bukan nama deputi saat ini.

Dalam Peraturan Kepala (Perka) BP Batam Nomor 18/2020 tentang penyelenggaraan pengelolaan lahan, Sudirman menyebut tanda tangan pejabat BP Batam yang tertera di dokumen perizinan lahan, semuanya sudah digital.

Lahan di Nongsa, Batam

Tandatangan pejabat dari BP Batam, semua sudah digital, hanya tanda tangan si penerima dokumen lahan saja yang masih tanda tangan basah. Ini merupakan salah satu cara supaya pemalsuan tidak terjadi.

Jika yang terjadi sebaliknya, dimana tanda tangan pejabatnya masih basah, maka dijamin sudah tidak benar lagi.

Lebih lanjut, Sudirman meminta kepada masyarakat, agar mengurus perizinan lahan secara online di kanal Land Management System (LMS) Online. LMS Online beralamat di https://lms.bpbatam.go.id.

Saat ini, LMS Online sudah memasuki veri 2. LMS Online versi 2 ini, adalah mengurangi pengisian atribut informasi yang terlalu banyak oleh pengguna, agar mengantisipasi kesalahan pada penginputan data.

Semua prosedur, video singkat, dan tutorial sudah disediakan di https://lms.bpbatam.go.id/ agar memudahkan pengguna untuk mengoperasikan layanan LMS ini. Mulai dari mendaftar akun, melakukan konfirmasi dokumen dan lainnya. Dari input pertama sampai selesai untuk mencetak dokumen sudah bisa dilakukan di LMS ini.

LMS Online Versi 2 melengkapi fitur-fitur yang ada dari sebelumnya. Portal ini berisi informasi, layanan, panduan, helpdesk, pengumuman, tracking dokumen, serta fitur live chat dengan admin LMS Online yang standby pada jam kerja dan hari kerja.

Pemohon juga dapat memonitor langsung sampai di mana proses dokumen yang diajukan dengan membuka menu tracking pada aplikasi ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s