Banjir dan Macet Hias Malam Tahun Baru di Batam

Malam tahun baru Batam yang seharusnya ceria, malah dihiasi banjir di sejumlah lokasi, khususnya di Tiban dan Batuaji.

Selain banjir, macet juga menjadi makanan sehari-hari warga Tiban, apalagi di tengah hujan deras yang terjadi Jumat (31/12/2021) sore, kemacetan semakin menyulitkan mobilitas warga.

Pantauan Batam Pos, banjir menggenang wilayah Tiban Center dari depan Pom Bensin Vitka hingga ke pusat kuliner di Tiban Centre.

Genangan air mengalir sangat deras, sehingga sangat mempersulit laju kendaraan yang mengaspal di jalanan Tiban. “Sudah kena macet, ditambah hujan lagi. Hampir tiap hari kena macet, tambah hujan makin lengkap lah,” kata salah seorang pengguna jalan, Siswono.

Banjir di Tiban Center, Jumat, 31 Desember

Sementara itu, kemacetan terjadi dari Simpang Jam hingga Tiban Center. Total jaraknya mencapai 6,4 kilometer. Selama kurang lebih satu jam, banyak warga yang berjuang untuk bisa keluar dari banjir dan macet yang terjadi.

Kemacetan semakin menjadi-jadi saat pertemuan jalur dari arah Batam Centre dengan jalur dari arah Nagoya. Jalanan yang menyempit tidak sebanding dengan volume kendaraan yang lajunya melambat, karena hujan.

Saat pertemuan dengan jalur baru yang dibangun oleh BP Batam, banyak pemotor yang memilih untuk mengabaikan pembatas jalan dan melewati jalur yang sebenarnya belum boleh digunakan tersebut.

Jalur tersebut diperuntukkan untuk kendaraan berat. Tapi, tampaknya jalur tersebut belum siap untuk dibuka, karena di satu titik para pemotor harus melewati banjir lumpur yang dapat membuat mereka terjatuh, karena saking licinnya. Jalur baru ini memang berada di kiri sebuah bukit botak tanpa pohon, sehingga endapan tanah dibawa turun oleh air hujan.

Artikel ini telah tayang di Harian Pagi Batam Pos, Senin, 3 Januari 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s