Realisasi Investasi Asing Naik 6,39 Persen

Capaian realisasi investasi asing mengalami peningkatan cukup baik, dibanding 2020 lalu. Menurut data dari Lembaga Kegiatan Penanaman Model (LKPM) Kementerian Investasi, realisasi investasi dari Penanaman Modal Asing (PMA) mencapai Rp 6,39 triliun (Januari-September 2021).

“Nilai dari realisasi investasi PMA itu setara dengan nilai US$ 437,4 juta, dengan nilai proyek 1.502 pada periode Januari-September 2021, atau naik sebesar 6,39 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2020,” kata Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, Kamis (6/1/2022).

Singapura menjadi negara dengan nilai investasi terbesar, yakni mencapai Rp 2.166,9 miliar, diikuti oleh negara asal Eropa, seperti Luxemburg, Jerman, Prancis dan Jepang.

Mall Pelayanan Publik (MPP) Batam. Realisasi Investasi Asing Naik di Tahun 2021

Rudi mengatakan, dengan berlakunya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41/2021 tentang Penyelenggaraan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) dan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (PP 5/2021) yang menjadi peraturan pelaksana dari Undang-Undang Nomor 11/2020 tentang Cipta Kerja, membawa perubahan terhadap pengaturan perizinan berusaha.

“Permohonan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik dilakukan melalui sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA),” ucapnya.

OSS RBA ini merupakan portal satu pintu perizinan investasi dengan tujuan untuk memudahkan proses perizinan bagi investor yang mencakup kewenangan tingkat kabupaten, kota, provinsi, kementerian dan Lembaga KPBPB, dan Kementerian Investasi.

Sejak diluncurkan pada Agustus 2021 hingga 28 Desember 2021, tercatat sejumlah penerbitan perizinan berusaha, yakni permohonan perizinan berusaha pada OSS RBA sebanyak 103 permohonan, penerbitan perizinan berusaha pada OSS RBA sebanyak 115 perizinan, penerbitan otomatis perizinan berusaha pada OSS RBA sebanyak 152 perizinan, serta perizinan berusaha untuk menunjang kegiatan usaha (PB UMKU), total mencapai 45.094 yang meliputi izin usaha industri dan perdagangan, kepelabuhanan, pertanahan, sumber daya air, limbah dan lingkungan.

*Artikel ini telah tayang di Harian Pagi Batam Pos, Sabtu, 8 Januari 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s