Batam Siap Jalani Uji Coba Bebas Karantina Bagi Pendatang Luar Negeri

Uji coba bebas karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) akan segera dilakukan, 14 Maret mendatang. Adapun lokasinya yakni di Batam, Bintan dan Bali. Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengaku sudah menyatakan kesiapan terhadap agenda pemerintah tersebut.

“Kesiapan Batam itu bisa dilihat sejak awal, terkait infrastruktur dan sarananya juga. Ditambah lagi, seluruh pelaku pariwisata di Batam sudah menjalani vaksinasi booster. Ini sesuai dengan arahan dari Walikota Batam,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Batam, Ardiwinata, Jumat (4/3).

Masjid Sultan Riayah Syah. Salah satu wisata religi di Batam

Karena pelaku pariwisata di Batam sudah tervaksinasi dengan baik, maka interaksi dengan wisatawan mancanegara akan berjalan dengan baik. Kepercayaan kepada Batam pun akan pulih seperti sedia kala.

“Pokoknya, pelaku pariwisata misalnya tour guide, pramusaji restauran, pekerja spa, ticketing ferry, caddy golf, entertainer dan lainnya, semua sudah menjalani vaksinasi booster. Sehingga dengan begitu, maka komunitas pariwisata yang sehat telah tercipta di Batam,” kata Ardi lagi.

Secara keseluruhan, total pelaku pariwisata yang sudah mendapat vaksin booster sudah mencapai 10 ribu. “Saya berharap dengan terciptanya komunitas pariwisata yang sehat di Batam, maka pintu yang lain di Batam akan segera terbuka. Karena masih banyak pelaku pariwisata kita yang berada di luar Nongsa. Dan ini bisa menjadi referensi bagi pemerintah daerah yang lain,” ungkapnya.

Menurut Ardi, tingkat kesembuhan di Batam sangat menggunggli tingkat pasien yang terifeksi Covid-19. Ini menjadi poin unggulan, yang membuat ia optimis pemulihan sektor pariwisata di Batam berjalan sesuai jalurnya.

Sebelumnya, pemerintah dipastikan akan melaksanakan uji coba bebas karantina bagi PPLN mulai 14 Maret 2022 mendatang. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, uji coba akan dilakukan terhadap PPLN yang berkunjung ke Bali, Batam, dan Bintan.

“14 Maret di Bali, Batam dan Bintan akan diujicobakan tanpa karantina. Ini tentunya akan kita persiapkan sebaik-baiknya, dan harapannya jika hasilnya baik, ini bisa diterapkan di seluruh wilayah Indonesia mulai 1 April,” ujarnya dalam Weekly Press Briefing, Selasa (01/03).

Rencananya, apabila langkah bebas karantina ini berhasil, aturan bebas karantina bagi PPLN akan turut diterapkan di seluruh wilayah Indonesia, mulai 1 April 2022 mendatang.

*Artikel ini telah tayang di gowest.id, Jumat (4/3).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s