Mengenal Kampung Restorative Justice, Program Baru Kajari Batam

Tongkat estafet kepemimpinan Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam telah beralih dari Polin Octavianus kepada Herlina Setyorini. Acara pisah sambut pun digelar Pemerintah Kota (Pemko) Batam di Hotel Aston Batam, Selasa (9/3) untuk memperingati momen tersebut.

Sebagai informasi, Herlina Setyorini merupakan wanita pertama sepanjang sejarah Kejari Batam, yang menjadi pimpinan dari lembaga penegak hukum tersebut.

Saat ditemui awak media usai acara pisah sambut, Herlina mengatakan Kejari Batam akan berupaya menjalin hubungan baik, dengan Pemko Batam. “Saya sebagai pendatang baru, wajib bertanggung jawab menciptakan good governance. Penegakan hukum yang baik, tanpa mencederai masyarakat, dan juga tetap menjaga wibawa Pemko Batam. Untuk langkah awal, saya akan konsolidasi internal dulu,” tutur Herlina di lobi Hotel Aston Batam.

Kajari Batam, Herlina Setyorini

Salah satu programnya, yang juga merupakan amanah dari Kejaksaan Agung, yakni membentuk Kampung Restorative Justice (RJ). “Di bidang pidana umum (pidum), ada penyelesaian di luar pengadilan, tidak sampai di persidangan, jadi ada perdamaian. Tapi, ada syaratnya, yakni bukan merupakan residivis, menjadi tersangka baru pertama kali, dan umur juga sudah tua. Disini kita tidak ada paksaan untuk mendamaikan,” ungkapnya.

Syarat lainnya, jika merupakan kasus pencurian, maka batasnya hanya sebesar Rp 2,5 juta. Kemudian jika ada kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) suami dan istri, bisa didamaikan, Lalu persoalan perdata seperti masalah warisan, juga akan dibantu agar bisa didamaikan, dengan melibatkan perangkat daerah.

“Kita tidak memaksa, tapi bantu selesaikan jangan sampai ke persidangan. Dengan Kampung RJ ini, kita coba layani masyarakat,” tutur wanita asal Demak, Jawa Tengah ini.

Untuk saat ini, pihak Kejari Batam tengah mempersiapkan tahapan sosialisasi untuk mengedukasi masyarakat tentang program baru ini. Untuk Kepri, nanti akan diluncurkan di Pulau Penyengat. Mudah-mudahan Jaksa Agung berkenan ke Batam, sehingga bisa juga menghadiri pembentukan Kampung RJ di Batam,” harapnya.

* Artikel ini telah tayang di Gowest.id, Senin, 14 Maret 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s