Masjid Tanjak Ditargetkan Selesai Awal April

Proyek pekerjaan pembangunan Masjid Tanjak di Bandara Hang Nadim, diprediksi akan segera rampung sebelum Bulan Ramadhan menyapa warga Batam, awal April mendatang.

Kasubdit Pembangunan Kepelabuhanan dan Bandara BP Batam, Boy Zasmita menyebut bahwa progres Masjid Tanjak, yang mampu menampung 2 ribu jamaah ini, sudah di atas 90 persen.

“Tahap terakhir ini tinggal menyelesaikan ornamen-ornamen terakhir. Sementara dari segi arstitektur, seperti atap, bangunan masjid sudah rampung. Sebenarnya target awal itu di Mei mendatang selesainya, tapi kami upayakan sebelum puasa, sudah bisa digunakan,” katanya kepada Gowest.id, Senin (7/3).

Adapun ornamen yang dimaksud Boy yakni taman-taman yang menyusun landskap pemandangan masjid terbaru ini. Kemudian kelistrikan untuk pengeras suara, dan pengecetan dinding luar. “Kalau ditanya sudah bisa dipakai sholat, ya sudah bisa. Ini hanya tahapan terakhir saja,” katanya lagi.

Masjid Tanjak Bandara Hang Nadim

Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 15.797 meter persegi, lantai 1 luas bangunan 2.094 meter persegi, lantai 2 (mezzanine) luas bangunan 468 meter persegi.

Sementara tinggi bangunan masjid mencapai 39,5 meter, tinggi menara masjid 45 meter, kapasitas jamaah pria pada lantai 1 dapat menampung sebanyak 900 jamaah, dan kapasitas jamaah wanita pada lantai 2 dapat menampung sebanyak 350 jamaah.

Struktur pondasi tiang pancang beton, dan tipe struktur bangunan kombinasi struktur beton bertulang dan baja, material arsitektur tanjak aluminium composite panel (ACP).

Biaya pembangunan masjid mencapai Rp 39.937.665.520,- dengan sumber pembiayaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Kontraktornya yakni PT Nenci Citra Pratama.

*Artikel ini telah tayang di Gowest.id, Senin, 7 Maret 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s