Taman Rusa Sekupang Kembali dengan Konsep Lebih Modern

TAMAN Rusa di Sekupang kini tampil dengan gaya terbaru. Taman yang dikenal dengan rusa totolnya ini, sekarang memiliki fasilitas baru yang mendukung kenyamanan warga Batam, baik dalam berwisata maupun ketika berolahraga.

Wakil Ketua BP Batam, Purwiyanto mengatakan pengembangan Taman Rusa Sekupang ini sejalan dengan visi pengembangan destinasi wisata yang pro lingkungan, pro usaha kecil menengah (UKM) dan pro edukasi.

“Taman ini memiliki luas 12 hektar dan dipilih sebagai lokasi untuk mengusung optimalisasi pengembangan aset dan terobosan, selain Taman Kolam Sekupang dan Kawasan Fisherism Tanjung Riau,” katanya saat meresmikan Taman Rusa Sekupang, Jumat (18/3) pagi.

Taman Rusa Sekupang hadir dengan kolam air mancur

Untuk meningkatkan seluruh fasilitas di taman ini, BP Batam mengucurkan dana hingga Rp 9 miliar. Lalu fasilitas baru seperti apa saja yang dapat dilihat warga Batam.

Sekarang, taman ini dilengkapi jalur jogging sepanjang 1 kilometer, dua kolam pemancingan yang telah disemai benih ikan nila dan patin, satu kolam budidaya ikan, dan taman bermain anak.

Sementara itu, fasilitas lama yang menjadi simbol taman ini, yakni kandang rusa masih tetap sama seperti sebelumnya. Rusa di taman ini berjumlah 30 ekor, dan ditambah lagi dengan satwa lainnya seperti 17 ekor ayam kate, 150 ekor merpati dan 2 ekor angsa.

Tak jauh dari taman bermain anak, ada fasilitas tambahan yang paling besar, yakni kolam ikan air mancur. Kolam ini memiliki satu jembatan yang posisinya ada di tengah, kemudian dari tengah jembatan, ada anjungan yang bisa menjadi lokasi swafoto favorit. Untuk saat ini, Taman Rusa menjadi tempat yang sangat instagramable.

Mengapa dikatakan favorit, karena di sudut atas dan bawah terdapat air mancur yang muncul dari dalam kolam. Sementara itu, jauh di bagian atas kolam ini, terdapat miniatur salah satu keajaiban dunia kuno dari Inggris, Stonehenge. Kolam ini juga telah diisi oleh ikan mas dan ikan koi tentunya.

Selain sebagai sarana rekreasi, Purwiyanto juga mendorong peningkatan fungsi Taman Rusa Sekupang sebagai spot untuk edukasi berupa camping ground, senam massal, pemotretan pre-wedding dan kegiatan keagamaan lainnya.

Di bagian depan, ada patung dua raksasa yang menyambut tamu. Kawasan parkir pun sudah diperluas, dan mampu menampung hingga 50 kendaraan. Taman Rusa buka dari pukul 06.00-18.00 WIB. Tarifnya cukup murah, yakni Rp 5 ribu pada hari biasa, dan Rp 10 ribu di akhir pekan.

Selain pembelian tiket secara manual, BP Batam telah melakukan inovasi untuk memudahkan pengunjung memesan tiket, dengan menyiapkan satu aplikasi khusus pemesanan tiket secara online melalui aplikasi B-Fast yang tersedia di PlayStore dan AppStore.

Sejarah Taman Rusa Sekupang

Taman Rusa Sekupang, pada awalnya bernama Pusat Kebugaran Persatuan Istri Karyawan Otorita Batam (PIKORI), yang diresmikan pada tanggal 1 April 2000. Saat itu, fasilitasnya berupa jogging track sepanjang 1 kilometer dan bangunan serbaguna untuk kegiatan gymnasium dan olahraga badminton.

Satwa khas Taman Rusa, yakni rusa totol yang ditemani burung merpati

Dalam perkembangannya, fasilitasnya pusat kebugaran tersebut menambah satwa rusa di sekitar jogging track dan pada tahun 2008 berganti nama menjadi Taman Rusa. Pengembangan taman yang signifikan dimulai pada peresmian pertama pada Tahun 2000 peresmian kedua pada tahun 2022.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan Jogging Track Taman Rusa Sekupang akan terhubung ke Taman Kolam Sekupang, yang merupakan rangkaian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan.

“Kami mohon dukungan masyarakat untuk menjadikan Taman Rusa Sekupang menjadi destinasi wisata andalan bagi masyarakat, baik Batam, Kepri, hingga Nasional,” harapnya.

Video singkat mengenai penampilan Taman Rusa yang baru

*Artikel ini telah tayang di GoWest.id, Jumat, 18 Maret 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s