Belgia Sambangi Batam, Cari Informasi Mengenai FTZ

Tetangga Belanda, Belgia mulai melayangkan pandangannya ke Batam. Customs Counsellor Kedutaan Besar Belgia, Eddy de Cuyper mengunjungi Kantor Bea Cukai (BC) Batam dan bersilaturahmi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kepri.

“Sehubungan dengan status ekonomi di Batam yang spesial, saya sangat tertarik mempelajari tentang organisasi kepabeanan di Batam, sekaligus mengenai perbedaan antara Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB),” kata Eddy saat mengunjungi BC Batam, Rabu (16/3) lalu.

Kunjungan Eddy ini erat hubungannya dengan mempelajari proses bisnis di BC Batam, sehingga potensi kerja sama dapat dilaksanakan kedepannya, karena telah memperoleh pemahaman yang cukup bermanfaat terkait Free Trade Zone (FTZ) di Batam.

Bendera Belgia

Setelah berkunjung ke BC, Eddy juga menyempatkan diri melakukan kunjungan lapangan ke PT Sat Nusapersada. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau proses bisnis di perusahaan manufaktur elektronik tersebut.

Selanjutnya, Eddy berkunjung ke Kantor Kadin Kepri, Kamis (17/3) pukul 10.00 WIB. Kunjungan ke asosiasi pengusaha ini bertujuan untuk memahami dinamika bisnis di Kepri, dan mengetahui proyek-proyek yang tengah berjalan di Bata saat ini.

Belgia sendiri dikenal sebagai pusat distribusi yang didukung oleh letaknya yang strategis di Eropa Barat. Melalui pertemuan dengan Kadin Kepri, Belgia akan mengagendakan untuk promosi BBK (Batam, Bintan, Karimun) Murah, yang menjadi andalan Kadin Kepri.

Eddy kemudian mengungkapkan bahwa jika ada potensi kerja sama, maka pengusaha Belgia akan tertarik untuk melakukan produksi coklat dan bir dari negara monarki tersebut di Batam.

*Artikel ini telah tayang di GoWest.id, Sabtu, 19 Maret 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s