Ibu-Ibu RT Ramai Antre Sembako Murah, Saat Batam Panas Terik

Meski cuaca panas tengah menaungi Batam, tidak menyurutkan semangat warga Batam dalam mengantri pembagian sembako murah di Lapangan STC, Sei Harapan, Sekupang, Batam, Selasa (29/3).

Pantauan GoWest Indonesia, bantuan sembako terdiri dari beras 5 kg, gula 1 kg dan minyak goreng 1 liter. Khusus di Lapangan STC, pembagian sembako hanya untuk warga Sei Harapan, Tanjung Pinggir dan Patam Lestari. Untuk mendapatkan sembako, harus membawa voucher yang dibagikan perangkat rukun tetangga (RT) setempat sambil membawa identitas diri.

Kemudian, sembako bisa dibawa pulang setelah membayar Rp 50 ribu per paket.

Ibu-ibu RT ramaikan sembako murah saat Batam tengah panas terik

Total sembako yang dibagikan mencapai 1.850 paket sembako. Sembako dibagikan lewat truk, dimana warga mengantri disamping truk tersebut. Antrian warga yang terdiri kebanyakan dari kaum ibu rumah tangga terlihat sangat panjang. Mereka rela bertahan di tengah teriknya sinar matahari di atas langit Batam, untuk memboyong kebutuhan pokok tersebut ke rumah masing-masing.

Selain pembagian sembako, Pemko Batam juga menggelar vaksinasi booster.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang datang bersama Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina mengatakan sembako murah ini bertujuan membantu masyarakat, dalam memenuhi kebutuhan pokoknya selama puasa nanti.

“Mudah-mudahan kegiatan sembako murah ini bisa bantu masyarakat dalam hadapi Bulan Ramadhan,” katanya singkat.

Selain sembako murah, Pemko Batam juga menggelar operasi pasar murah, sejak Senin (28/3) hingga Jumat (1/4). Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin turun meninjau pasar murah di Mangsang Creative Centre Puri Agung IV, Mangsang, Sei Beduk.

“Ini kolaborasi antara Pemko Batam dan distributor, maka harganya lebih murah. Sehingga dapat terjangkau oleh masyarakat,” tuturnya.

Operasi pasar ini menjadi agenda rutin Pemko Batam setiap tahunnya. Dengan tujuan untuk meringankan beban perekonomian masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Dalam pelaksanaan operasi pasar ini, memang tidak ada subsidi harga dari Pemerintah, namun harga yang dijual cukup murah.

Daging beku misalnya dijual dengan harga Rp 80 ribu per kg, cabe merah Rp 42 ribu per kg, ayam dijual Rp 30 ribu per ekor, bawang merah Rp 20 ribu per kg, bawang putih Rp 18 ribu per kg.

Sementara harga minyak goreng merk Hayat dijual Rp 19 ribu per liter dan untuk minyak goreng Sania ukuran 2 liter dijual Rp 42 ribu. Gula pasir merk PSM per kg Rp 13 ribu, Beras Mantap 5 kg dijual Rp 50 ribu dan sosis isi 10 dibandrol dengan harga Rp 10 ribu. “Insyaallah menjelang lebaran akan kita selenggarakan lagi,” ucapnya.

Jefridin mengimbau agar warga dapat langsung datang ke lokasi pasar murah yang telah ditentukan. Untuk jadwalnya pada Rabu (30/3) di Kecamatan Batu Aji akan digelar di Lapangan Parkir Radar Café Perumahan Griya Prima Buliang dan di Kecamatan Sagulung di Pasar BBC Kelurahan Sei Pelunggut.

Hari Kamis, (31/3) pasar murah digelar di Kecamatan Batu Aji dipusatkan di Ruko Perum Taman Carina depan Kantor Satpol PP dan di Kecamatan Sekupang di STC Kelurahan Sei Harapan.

Hari terakhir Operasi Pasar, Jumat (1/4), pasar murah dilaksanakan di Kecamatan Batam Kota di Lapangan Bola Baloi Permai dan di Kecamatan Lubuk Baja di pusatkan di Halaman Utama Houseware Kelurahan Tanjung Uma.

“Setiap harinya kegiatan pasar murah akan dimulai pukul 09.00 Wib sampai dengan pukul 14.00 Wib. Kami menghimbau agar masyarakat dapat datang berbelanja di Operasi Pasar ini untuk mendapatkan harga yang lebih murah,” tutupnya.

*Artikel ini telah tayang di GoWest.Id, Selasa, 29 Maret 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s