Intip Persyaratan Mudik dengan Kapal Pelni Disini

Kapal Pelni selalu menjadi moda transportasi favorit warga Batam yang ingin mudik ke kampung halaman, khususnya ke Medan. Tapi, sebelum berkelaa dengan kapal besar milik Pelni, pemudik harus memahami dulu ketentuan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) sesuai Surat Edarat (SE) Nomor 16/2022.

“Sesuai dengan SE 16, bagi PPDN yang sudah mendapat vaksin booster, tidak wajin menunjukkan RT-PCR atau rapid antigen. Sementara itu, PPDN yang sampai vaksin dosis kedua, harus menunjukkan RT-PCR 3×24 jam atau rapid antigen hasil negatif 1×24 jam,” kata Kepala Cabang Pelni Batam, Agus Suprijatno, Senin (4/4).

Bagi pemudik yang hanya bermodalkan vaksin pertama, wajib menunjukkan RT-3×24 jam, dengan hasil negatif.

Kapal KM Kelud. F dok Pelni

“Pemudik yang belum vaksin dengan alasan medis dan komorbid, juga wajib menunjukkan RT-PCR 3×24 jam dan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah,” ucapnya.

Sedangkan untuk anak-anak dibawah usia 6 tahun, dapat melakukan perjalanan dengan pendampingan keluarga dan orang tua. “Dan tidak diwajibkan menunjukkan hasil tes RT-PCR atau rapid antigen,” tuturnya.

Pemudik juga wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi, wajib mengisi E-Hac pada aplikasi tersebut, serta menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan.

Jalur mudik dari Batam menuju Medan diperkirakan akan ramai seperti tahun-tahun sebelumnya. Agus mengatakan pihaknya akan menambah jumlah call atau kedatangan kapal untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Untuk kepastiannya masih belum, masih dirapatkan mengenai berapa call kapal yang akan masuk untuk rencana kegiatan Lebaran. Tapi dari Pelni sudah jelas akan ada penambahan dari waktu reguler, dari Batam-Belawan dan Belawan-Batam,” jelasnya.

*Artikel ini telah tayang di GoWest.Id, Senin, 4 April 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s