BI Sediakan Rp 2,11 Triliun untuk Kebutuhan Lebaran

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepri menyediakan uang tunai senilai Rp 2,11 triliun untuk kebutuhan transaksi warga Kepri selama Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H.

“Kebutuhan diperkirakan sebesar Rp 2,11 triliun, atau meningkat 14,67 persen dari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 1,84 triliun,” kata Kepala BI Perwakilan Kepri, Musni Hardi, Selasa (5/4).

Untuk memudahkan masyarakat dalam menukarkan uangnya, BI Perwakilan Kepri akan mempersiapkan 152 titik layanan penukaran yang tersebar di Batam (109 titik), Tanjung Pinang (27 titik), Tanjung Balai Karimun (11 titik) dan Natuna (5 titik).

“Guna lebih menjangkau masyarakat, BI bersinergi dengan bank menambah outlet layanan penukaran, dari sebelumnya sebanyak 109 titik pada tahun 2021, menjadi 152 titik pada tahun 2022, atau meningkat 33,33 persen,” katanya lagi.

Warga Kepri dapat memperoleh layanan penukaran tersebut mulai tanggal 4 hingga 29 April, dimana mengenai lokasinya dapat dilihat di tautan yang beralamat di http://tiny.cc/penukaranRamadhan.

Ilustrasi uang

Selama bulan Ramadhan, perbankan diminta melayani penukaran kepada nasabah, tapi dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 dan menghindari kerumunan massa serta melengkapi sarana kesehatan (hand sanitizer), penggunaan masker, pemasangan barcode peduli lindungi dan menyediakan publikasi edukasi terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di area layanan kasdan area mesin ATM berupa screen saver di ATM, CDM dan CRM, sticker, leaflet dan banner.

Untuk menghindari konsentrasi kepada sekelompok orang tertentu dan para pihak yang melakukan jasa penukaran uang, layanan penukaran uang per orang dibatasi maksimal Rp 3,8 juta dengan rincian pecahan Rp20.000-Rp1.000 setiap pak, yang terdiri dari pecahan 20.000 = 2 juta, 10.000= 1 juta, 5.000 = 500 ribu, 2.000 = 200 ribu, dan 1.000 = 100 ribu.

“Jumlah penukaran setiap hari diserahkan kepada kemampuan masing-masing bank dalam melayani nasabah,” imbuhnya.

Selain loket penukaran, BI juga membuka kas keliling secara retail melalui mobil kas keliling BI, yang setiap hari maksimal melayani 80 orang di Batam, mulai 7-29 April 2022, pukul 09.00-12.00 WIB.

“Pembatasan jumlah penukaran tersebut untuk menghindari kerumunan dan pemenuhan protkes Covid-19 yang ditetapkan pemerintah daerah. Masyarakat dapat memperoleh layanan tersebut dengan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id) pada H-1,” jelasnya.

Dalam rangka clean money policy, BI Kepri juga membuka layanan kas keliling secara wholesale ditujukan kepada:

a.Perbankan di Batam untuk mengganti uang yang tidak layak edar (UTLE) dengan uang layak edar atau uang HCS (Hasil Cetak Sempurna),
b.Lembaga dan institusi serta pedagang retail yang menjadi mitra Bank Indonesia yang dilakukan sekali dalam seminggu sampai dengan menjelang Idul Fitri 2022. Lembaga dan institusi yang dimaksud juga dapat menukarkan melalui perbankan yang telah bekerjasama dengan mitra BI tersebut,
c.Bank Perkreditan Rakyat di Batam dikoordinir oleh Asosiasi Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) yang dilaksanakan sekali dalam seminggu hingga 29 April 2022.

Untuk memastikan kebutuhan uang Rupiah tersedia dalam jumlah yang cukup dan kualitas yang layak edar, BI melakukan koordinasi dengan perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) untuk menjaga ketersediaan uang di ATM dan mesin setor tarik (Cash Recycling Machine).

BI juga menghimbau masyarakat untuk dapat mengoptimalkan penggunaan transaksi pembayaran secara non tunai seperti melalui alat pembayaran kartu, baik debit maupun kredit, mobile banking, internet banking, uang elektronik dan QRIS.

*Artikel ini telah tayang di GoWest.Id, Selasa, 5 April 2022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s